header image
Inovasi Media Pembelajaran Matakuliah Gambar Proyeksi Melalui Program Multimedia 3D S-MAC
Nama Peneliti
Anggota Peneliti
:
Instansi/Jurusan : Jur. Pend. Bahasa & Seni FKIP
Jenis Penelitian : PPKP
Lokasi
: Surakarta
Bidang Ilmu : PENDIDIKAN
Tahun : 2006
No Telp :
Abstract :
Kata kunci : gambar proyeksi, 3Ds-MAC, inovasi media. Mulyanto; Kristiandi*) Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran, 2007 Masalah penelitian ini yaitu bagaimana menyusun media pembelajaran yang inovatif untuk matakuliah gambar proyeksi yang mampu meningkatkan mutu proses pembelajaran, mutu output-nya, serta dapat diterapkan sesuai kondisi di Program Studi Pendidikan Senirupa? Tujuan penelitian adalah (1) terciptanya media pembelajaran matakuliah gambar proyeksi yang menggunakan program multimedia power point clan 3Ds-MAC, yaitu yang tampilannya berupa gambar 2 dan 3 dimensi, dapat bergerak, dan didukung suara; (2) Media tersebut setelah digunakan dalam pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan mutu proses pembelajaran matakuliah gambar proyeksi dan meningkatkan mutu hasil belajar matakuliah gambar proyeksi yang diperoleh mahasiswa. Metode penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan, yaitu materi media disusun, media disusun di laboratorium, media dikaji oleh 2 orang teman sejawat yang kompeten, media diujicobakan pada 10 mahasiswa, media direvisi sesuai masukan, media diujicobakan lagi, dan akhirnya media direvisi akhir. Temuan penelitian yaitu (1) Tercipta 9 media pembelajaran multimedia yang terdiri atas media gambar proyeksi titik, gambar proyeksi bidang, gambar proyeksi benda balok, gambar proyeksi benda limas alas segi empat, gambar proyeksi kulit benda dibuka, gambar proyeksi benda diguling kekiri, gambar proyeksi benda diguling kedepan, gambar proyeksi benda diguling serong, dan gambar proyeksi benda dipotong. (2) Tampilan gambar dalam media yang disenangi oleh mahasiswa/responden antara lain: setiap garis proyeksi dalam media diwarna yang berbeda dengan warna garis lainnya; kecepatan gerakan garis cenderung pelan (3 detik s.d. 5 detik); setiap gerakan garis lengkung harus ditunjukkan titik sumbunya; setiap tampilan gambar sebaiknya dimunculkan per bidang gambar agar informasi yang diberikan media lebih jelas; dan setiap tampilan gambar sebaiknya dimunculkan soal ringkasannya
Info Komputer
 
  • CCBot/2.0 http://commoncrawl.org/faq/
  • 54.80.52.59
  • Who's Online
     
    Randomize Profile
     
    Statistik
     
    Langganan RSS