header image
Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Strategi Belajar Mengajar Ditinjau dari Kadar Keaktifan dan Kreativitas Belajar Mahasiswa di PGSD
Nama Peneliti
Anggota Peneliti
:
Instansi/Jurusan : Jur. Ilmu Pendidikan FKIP
Jenis Penelitian : Penelitian Dosen Muda
Lokasi
: PGSD FKIP UNS
Bidang Ilmu : PENDIDIKAN
Tahun : 2006
No Telp :
Abstract :
PERBEDAAN PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPE-RATIF DAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DITINJAU DARI KADAR KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI PGSD FKIP UNS TAHUN 2007,1) SUKARNO, KARTONO,2) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) Perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS tahun 2007. (2) Perbedaan pengaruh penerapan kadar keaktifan belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar di PGSD FKIP UNS Tahun 2007. (3) Perbedaan pengaruh kreativitas belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar di PGSD FKIP UNS Tahun 2007. (4) Interaksi pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar ditinjau dari kadar keaktifan belajar mahasiswa di PGSD FKIP UNS Tahun 2007. (5) Interaksi pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar ditinjau dari kreativitas belajar mahasiswa di PGSD FKIP UNS Tahun 2007. Penelitian ini dilaksanakan di PGSD FKIP UNS Surakarta. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa PGSD semester III Tahun Ajaran 2007. Jumlah mahasiswa yang terlibat sebanyak 80 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Besar sampel sebanyak 80 orang, 40 orang sebagai kelompok eksperimen dan 40 orang sebagai kelompok kontrol. Rancangan eksperimen dengan desain faktorial. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik Anava dua jalan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran kooperatif dengan konvensional terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS Tahun 2007 (Fo = 16.15 >: Ft 0,05 = 3.96). (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kadar keaktifan belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar di PGSD FKIP UNS Tahun 2007 (Fo = 12.82 > Ft 3.96). (3) Tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar di PGSD FKIP UNS Tahun 2007 (Fo = 0.01 < Ft 0,05 = 3.96). (4) Tidak ada interaksi pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran kooperatif dan konvensional dengan kadar keaktifan belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar pada mahasiswa di PGSD FKIP UNS Tahun 2007 (Fo = 0.26 < Ft 0,05 = 3.96). (5) Tidak ada interaksi pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran kooperatif dan konvensional dan kreativitas belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Strategi Belajar Mengajar mahasiswa di PGSD FKIP UNS Tahun 2007 (Fo = 0.47 < Ft 0,05 = 3,96) Berdasarkan hasil penelitian ini disarankah hendaknya: (1) Para dosen PGSD berkenan untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif dalam perkuliahan yang diampunya. (2) Para dosen berkenan memperhatikan aspek keaktifan dan kreativitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran. (3) Pemegang kebijaksanaan di program PGSD memberikan kemudahaan dan fasilitas yang diperlukan untuk pelaksanaan pembelajaran kooperatif di PGSD FKIP UNS. (4) Para peneliti berkenan untuk meneliti lanjut dengan sampel yang lebih besar dan kajian yang lebih mendalam agar diperoleh hasil yang lebih baik. Kata-kata kunci: prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, pembelajaran konvensional, kadar keaktifan belajar, dan kreativitas belajar.
Info Komputer
 
  • CCBot/2.0 http://commoncrawl.org/faq/
  • 54.90.92.204
  • Who's Online
     
    Randomize Profile
     
    Statistik
     
    Langganan RSS